Efektivitas Pendekatan Individual pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Baubau

Authors

  • Heni Cahyani STAI – YPIQ Baubau

Keywords:

Efektivitas pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran pendidikan agama Islam masih kurang efektif. Pandangan guru terhadap siswa akan menentukan sikap dan perbuatan. Setiap guru tidak selalu mempunyai pandangan yang sama dalam
menilai siswa, hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang guru ambil dalam pengajaran. Guru PAI memiliki tanggung jawab yang besar untuk menanamkan ilmuilmu agama. Hasil dari pendekatan individual pada pembelajaran PAI guru melakukan
evaluasi kepada siswanya antara lain; siswa mampu memberikan pertanyaan atau memberikan jawaban setelah guru menerangkan atau menjelaskan setiap materi yang dipelajari di dalam kelas, dan selain itu siswa juga mampu memberikan sebuah
contoh/gambaran ketika guru menerangkan dalam setiap materi yang dipelajari. Hasil Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Pendekatan individual pada Pembelajaran PAI sudah diterapkan dengan baik di SMPN 1 Baubau (2) Efektifitas pendekatan individual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN SMPN 1 Baubau ini sudah efektif, hal ini ditunjukkan dengan kemampuan guru melakukan pendekatan secara pribadi kepada setiap siswa, dan didukung dengan penerapan metode–metode pembelajaran efektif. (3) Peserta didik mampu memahami meteri yang diajarkan dengan maksimal.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Cahyani, H. (2023). Efektivitas Pendekatan Individual pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Baubau . Jurnal Mitra, 21(2). Retrieved from https://kopertais8.or.id/jurnal/index.php/jm/article/view/44