STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII MTs 3 MALUKU TENGGARA
Keywords:
Strategi mengajar, pendidikan karakterAbstract
Pendidikan karakter kepada siswa merupakan hal yang sangat penting
dilakukan secara terus menerus. Hal ini dilakukan karena perkembangan zaman
yang semakin canggih dan pengaruh teknologi yang semakin merajalela terutama
kepada para remaja yang masih memiliki pikiran yang labi yang perlu bimbingan
dari orang tua, guru dan orang disekitarnya.Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana karakter siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Maluku Tenggara,
bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas VIII
di MTs Negeri 3 Maluku Tenggara, apa saja faktor pendukung dan penghambat
strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas
VIII di MTs Negeri 3 Maluku Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui karakter siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Maluku Tenggara, untuk
mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas VIII
di MTs Negeri 3 Maluku Tenggara, untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas VIII
di MTs Darul Falah Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Jenis
penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data
dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam
menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: pertama: karakter siswa MTs negeri 3 Maluku Tenggara
dikategorikan cukup baik. Karakter atau sikap tersebut seperti senang sholat
berjama’ah, sholat dhuha, tadarus al-Qur’an, sopan santun kepada guru dan kakak
kelas dan suka tolong menolong, jujur, dan senang berbagi kepada teman serta
berbelas kasihan dengan sesama baik disaat pembelajaran daring maupun sebelum
pembelajaran dari rumah. Kedua: strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan
karakter siswa meliputi: Mujahadah/pelatihan, Pembiasaan dan pemberian asensif,
keteladanan guru dan pendidikan karakter yang dimasukan dalam proses
pembelajaran. Ketiga: faktor pendukung pendidikan karakter meliputi: faktor
keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan madrasah, sedangkan faktor
penghambat pendidikan karakter meliputi faktor internal: pembawaan anak sejak kecil yang dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua dan faktor eksternal pengaruh era globalisasi berupa media elektronik serta media sosial yang bisa
berdampak negatif terhadap siswa dalam mempengaruhi pendidikan karakter siswa.
References
Arifin, M. 2000. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002.Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
(Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006), Cet. 12
Darajat, Zakiah. 1982. Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental.
Jakarta: Bulan Bintang
Ilyas, Yunahar. 2014. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan
Pengalaman Islam
Kuswanto, Edi . 2014. Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di
Sekolah.Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Vol 6 No 2
Desember 2014
Majid, Abdul Majid dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter
Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Tarbiyah al-khuluqiyah, Akhlak Mulia,
ter. Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Gema Insani: Jakarta
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
Nata, Abudin. 2010. Akhlak Tasawuf.Jakarta: Raja grafindo Persada
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian:Memberi Bekal
Teoritis pada Mahasiswa tentang Metodologi Penelitian serta
diharapkan dapat Melaksanakan Penelitian dengan Langkah-
Langkah yang Benar. Jakarta: PT. Bukti Aksara, 2005) Cet. 7
Prahara, Erwin Yudi. 2009.Materi Pendidikan Agama Islam.Ponorogo:
STAIN Po Press.
Ramayulis. 2010.Ilmu Pendidikan Islam, Cet-8. Jakarta: Klaam Mulia
Sulistyorini. 2009.Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan
Aplikasi. Yogyakarta: Teras
Suwaryo, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu pendidikan. Jogjakarta: ARRUZZ
Sirait, Ibrahim. 2017. Implementasi Pendidikan Akhlak dalam
Pengembangan Karakter.Jurnal edu Riligia Vol. 1 No. 4 Oktober - Desember 2017, diakses hari minggu tanggal 14
Oktober 2018 jam 10.37 Wib
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian
Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi
Offcet
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada
Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi. 2001. Metodologi Penelitian
Survey. Jakarta: LP3ES
Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 tahun
dan Peraturan Pelaksanaannya. 2010. Bandung: Citra
Umbara
Yusra, Nelly. 2016. Implementasi Pendidikan Akhlak di Sekolah Dasar
Islam Terpadu (SDIT) Al-Badr Kecamatan Bangkinang
Kabupaten Kampar, UIN Sultan Syarif Kasim Riau,
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam Vol 2 No 1 Juni 2016