STRATEGI PEMBELAJARAN GURU KELAS IV DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI MIN 2 BAUBAU

Authors

  • Muhammad Syukran STAI Rawa Aopa

Keywords:

Strategi pembelajaran, kreativitas siswa, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama menjelaskan cara guru
dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV MIN 2 Baubau. Kedua
menjelaskan Strategi guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV
MIN 2 Baubau. Ketiga menjelaskan peningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV
MIN 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, dan
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan, reduksi data, penyajian
data dan menarik kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi. Hasil penelitian, pertama cara guru dalam meningkatkan belajar siswa
kelas IV MIN 2 Baubau adalah menjelaskan, memberikan tugas mengunakan
sumber maupun media belajar yang bervariasi, memberikan perhatian, memberikan
stimulus agar siswa aktif, memberi pesan, dan berikan tugas secara proposional.
Kedua Strategi guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV MIN 2
Baubau adalah strategi pembelajaran langsung, strategi tidak langsung, strategi
interaktif, strategi pengalaman, strategi mandiri. Ketiga Hasil peningkatan
Peningkatan kreativitas belajar peserta didik MIN 2 Baubau meliputi: Antusias
belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, perasaan senang siswa,
keaktifan belajar siswa dan data dokumen.

References

Asrori. M. 2013. Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.

Jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar. (Online). M Asrori - Madrasah:

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2016 - 103.17.76.13. Diunduh

pada 11 November 2024.

Kau. A. M 2017. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah

Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi

Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan

Dan Konseling Berbasis Kkni, 4 – 6 Agustus 2017, Malang, Jawa Timur,

Indonesia). (online). journal2.um.ac.id › index.php › sembk › article ›

download. Diunduh pada 11 November 2024

Kenedi. 2017. Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di

Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains,

dan Humaniora Vol. 3 No. 2, Juni 2017. (online). ejournal.uin-suska.ac.id ›

index.php › suaraguru › article › download. Diunduh pada 11 November 2024.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:

Alfabeta

Mahmud. 2011. Metode penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.

Moleong, Lexy J. 2014. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. PT Remaja

Rosdakarya: Bandung.

Downloads

Published

2025-05-14

How to Cite

Syukran, M. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU KELAS IV DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI MIN 2 BAUBAU. Jurnal Mitra, 22(2). Retrieved from https://kopertais8.or.id/jurnal/index.php/jm/article/view/73